;;) Welcome to my blog ;;)

Kamis, 08 November 2012

Alat Musik Tradisional Indonesia

Beberapa Alat Musik Tradisional Indonesia :

1.Angklung 

         Angklung adalah alat musik tradisional yang berkembang dalam kebudayaan masyarakat Sunda dan Jawa    Barat. Kita boleh berbangga karena Angklung telah terdaftar sebagai Karya Agung Warisan Budaya Lisan  dan Nonbendawi Manusia dari UNESCO sejak Novenber 2010. Alat musik ini dibuat dari bambu.  Nada-nada yang dihasilkan alat musik ini berasal dari benturan badan pipa bambu yang menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 pada setiap ukuran angklung.
          Angklung sudah dikenal oleh masyarakat Sunda dan sekitarnya sejak zaman dahulu. Walaupun belum ada catatan sejarah yang dapat membuktikan kapan tepatnya alat musik ini ditemukan, namun dipercaya bahwa lat musik ini merupakan bagian dari relik pra-Hinduisme dalam kerajaan nusantara. Saat ini semakin sedikit generasi muda yang mahir memainkan alat musik ini. Namun, dengan kesadaran bahwa angklung adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang telah diakui sebagai bagian dari warisan budaya dunia, beberapa pihak mulai merintis pengembangan pelatihan angklung khususnya di wilayah-wilayah Jawa Barat dan sekitarnya.

2.Gamelan

           Gamelan adalah alat musik yang terdiri dari : Kendhang (gendang), Demung, Saron, Peking, Gong, Kempul, Bonang, Slenthem, Kethuk dan Kenong, Gender, Gambang, Rebab, Siter, dan Suling. Istilah Gamelan berasal dari bahasa Jawa, berarti “gamel” yang berarti memukul / menabuh. Dan diikuti dengan akhiran “an” yang menjadikannya sebuah kata benda. Selain itu diantara satu kota dan lainnya (di Indonesia), Gamelan memiliki berbagai macam jenis dan ukuran. Dalam sejarahnya, Gamelan berasal dari zaman Hindu-Budha, tepatnya pada zaman kerajaan Majapahit

3.Suling Sunda 

             Suling ini sudah sangat sering digunakan tidak hanya dalam menciptakan instrumen musik saja, namun yang paling sering terdengar adalah dalam musik dangdut. Suling Sunda juga termasuk alat kesenian asli Bandung yang patut dilestarikan, memainkan suling Sunda yang kelihatannya simple ternyata susah dan butuh keahlian dalam memainkan nada-nadanya. Suling ini terbuat dari bambu, bambunya pun harus bambu pilihan, tidak semua bambu bisa digunakan untuk membuat seruling, sekalipun bisa, suara atau nada yang dihasilkan tidak terlalu baik.

4.Sasando

         

 

           Sasando sendiri adalah sebuah alat instrumen musik petik. Instumen musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Secara harfiah nama Sasando menurut asal katanya dalam bahasa Rote, sasandu, yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi. Konon sasando digunakan di kalangan masyarakat Rote sejak abad ke-7. Bentuk sasando ada miripnya dengan instrumen petik lainnya seperti gitar, biola dan kecapi.

 

 

Sumber: http://www.neraca.co.id/2012/10/02/mengenal-alat-musik-tradisional-indonesia/

1 komentar: