;;) Welcome to my blog ;;)

Kamis, 08 November 2012

Kesenian Khas Pulau Lombok

        Ke Lombok??? Gag afdol kalo belum ngeliat kesenian khas Lombok yang satu ini "Gendang Beleq". Disebut demikian karena ukurannya yang besar banget melebihi ukuran gendang yang biasa. Awalnya Gendang Beleq merupakan alat musik, namun kalau dilihat dari cara penyajiannya Gendang Beleq juga bisa disebut sebagai seni tari.

       Pada awalnya fungsi Gendang Beleq untuk mengiringi dan menghibur prajurit ke medan perang dan menyambut mereka pulang dari medan perang. Tapi, seiring berkembangnya zaman sekarang Gendang Beleq digunukan untuk mengiringi pengantin, menyambut tamu - tamu terhormat, dan acara - acara resmi lainnya.

     
Gendang Beleq terdiri atas 2 penabuh gendang, 4 atau 6 penari oceh/oncer (karena si penari memegang alat musik yang disebut copeh), 1 orang penari petuk (Karena si penari memegang alat musik yang disebut petuk). Gendang Beleq dalam penyajiannya dikombinasikan dengan beberapa alat musik juga, antara lain suling, gong, terumpang, kenceng, oncer, pencek.



       Penari Gendang Beleq memakai busana celana tiga perempat, baju krah sanghai lengan panjang, ikat pinggang, kain tiga perempat, dodot, dan ikat kepala, sedang penari oncer mengenakan busana celana tiga perempat, baju krah sanghai lengan panjang, ikat pinggang, kain tiga perempat, ikat kepala, dan hiasan dada.


WHEN YOU VISIT LOMBOK, DON'T FORGET TO SEE THIS ART :D !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar